13 Maret 2008

Buat Hotspot dengan menggunakan Apache, Freeradius, Chillispot, mysql dan phpmyprepaid di Ubuntu (Bagian 1 – persiapan server)

Mohon Maaf kepada rekan-rekan karena sudah lama tidak menulis tutorial lagi. Abis aku sudah mulai sibuk dengan kegiatan perkuliahan (Udah tua masih kuliah?? Kacian yach!!) yach gimana mau kelar, kebanyakan chating mulu sich sich he, he, he….

Kali ini aku mau coba ngeshare gimana cara membuat hotspot dengan menggunakan freeradius, chillispot, mysql dan phpmypreaid. Seperti janji aku sebelumnya akan memaparkan tutorial ini jika udah berhasil membuatnya. Kebetulan banyak juga dari rekan-rekan yang minta aku untuk menshare pengalaman dalam membuat hotspot ini.

Sebenarnya sich banyak program yang bisa digunakan dalam membuat hotspot seperti coova, nocat, wifidog dsb. Tapi karena berhubung yang paling banyak digunakan adalah freeradius dan chillispot serta mysql dan phpmyprepaid sebagai management databasenya, yaa… ku jelasin yang ini aja. Aku akan coba menerangkan secara bertahap dan dasarnya saja. Pengembangannya kukembaliin sama kawan-kawan. Soalnya aku juga masih dalam tahap pembalajaran… Intinya kita sama-sama belajar, ok….

Aku akan coba ngejelasin dalam 2 tahap, bagi rekan-rekan yang udah familiar dengan linux dan jaringan bisa langsung masuk ketahap kedua, tapi kalo rekan-rekan masih ada yang baru coba-coba megang linux, aku akan ngejelasin dari tahap pembuatan server untuk sebuah hotspot, Peace yaaa…

1. Install linux ubuntu nya dulu (untuk tutorial installasinya bisa dilihat di tutorial bulan november “Buat server jaringan di ubuntu 7.10 (bagian 1-Installasi)” )

2. Setelah selesai installasi login ke ubuntu seperti biasa.

3. Biar bisa masuk ke root ketik "sudo su" (tanpa tanda kutip), kemudian masukin lagi passwordnya. Lihat perbedaannya. kalo user biasa ditandai dengan $ tapi kalo root ditandai dengan # .

4. buat dulu password root nya dengan perintah

#passwd root

(buat password root sesuai keinginan)

(masukin password yang dibuat tadi sekali lagi)

5. Edit konfigurasi untuk eth1 sebagai berikut

#nano /etc/network/interfaces

--isi tulisan ini bagian paling bawah dari interfaces—

# The secondary network interface

auto eth1

iface eth1 inet dhcp

--berakhir di atas tulisan ini—

Simpan dan keluar dengan cara

menekan ctrl+x ketik y kemudian tekan enter

Alasan menggunakan dhcp karena nanti yang akan memberikan ip dari chillispot.

6. masukkin dns yang dikasih oleh isp, caranya:

#nano /etc/resolv.conf

-- isi dengan perintah berikut dibawah –

nameserver 202.155.0.10

nameserver 202.155.0.15

-- berakhir diatas dari tulisan ini –

simpan dengan menekan ctrl+x tekan y kemudian enter

contoh diatas adalah permisalan dns 1 dan dns 2 nya.

7. edit file sysctl.conf caranya:

#nano /etc/sysctl.conf

cari tulisan berikut:

# net.ipv4.conf.default.forwarding=1

hilangkan tanda pagar nya jadi:

net.ipv4.conf.default.forwarding=1

simpan dan keluar dengan perintah:

ctrl+x, ketik y dan tekan enter

8. Masukin perinta berikut di rc.local dengan cara:

#nano /etc/rc.local

hapus exit=0

-- masukan tulisan berikut dibagian paling bawah rc.local —

echo "1" > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

-- berakhir diatas tulisan ini --

simpan dan keluar dengan perintah:

ctrl+x, ketik y dan tekan enter

9. Ganti repository dengan yang lokal (untuk tutorial ini dapat dilihat pada bagian tutorial “Ganti repository ubuntu dengan yang lokal”)

10.
Reboot / restart linux ubuntunya dengan perintah “reboot” (tanpa tanda kutip).

Untuk persiapan servernya udah jadi en tinggal masuk ketahap selanjutnya yaitu bagian installasi hotspot. Ceritanya bersambung nich. Kalo langsung abis kagak seru film nya. Ntar ratingnya sedikit lagi…

Udah dulu yach…sekarang sutradaranya mau bobo dulu jumpa soulmate di ruang rindu (mirip lagunya letto), maklumlah udah tiga tahun kagak jumpa. Cuma komunikasi lewat hp doang en komitmen untuk saling setia. Gila gak? Namanya juga first love. Makanya bagi cewek-cewek yang mau cari cowok, carilah tipe cowok yang setia seperti aku… he, he, he….

Salam dingin

Pinokio

NB:

(Setia = SElingkuh TIap hAri)


5 komentar:

sinyo mengatakan...

nice artikel..
aku udah bingung coba2 chillispot ini, cari2 artikel adanya artikel dari mbah degleng itupun pke FreeBSD, duh baru masuk ke dunia linux lagi.. cari yg mudah pke ubuntu. Oke aku ikutin tutor nya dulu. Klo ada kesulitan aku comment lagi.
Makasih bro.

sinyo mengatakan...

wah mas.. punyaku koq masih ndak bisa gmn ne? untuk redirectnya berhasil, aku masukin www.google.com langsung loncat ke uamhomepage nya tapi masalahnya pas mau masuk ke https://192.168.1.1/cgi-bin/hotspotlogin.cgi muncul pesan "Login must be performed through chillispot daemon". Mohon pencerahannya mas,ne kenapa ya??
Thanks before.

weryoe mengatakan...

saya sukse membuat voucer dengan php myprepaid, setelah itu saya gunakan untuk login dikomputer client A dengan mozila firefox, tetapi ketika voucer saya coba lagi dikomputer client B dengan IE, tetap berhasil login, jadi jika satu voucer bisa digunakan di dua client dengan berbeda IP dapat merugikan kita dong. bagaimana mengatasinya????

tolong jawabannya...

mimetakarai mengatakan...

punyaku koq masih ndak bisa gmn ne? untuk redirectnya berhasil, aku masukin www.yahoo.com langsung loncat ke uamhomepage nya tapi masalahnya pas mau masuk ke https://192.168.2.1/cgi-bin/hotspotlogin.cgi muncul pesan "Login must be performed through chillispot daemon". Mohon pencerahannya mas,ne kenapa ya??
Thanks before.

Anonim mengatakan...

ha..ha..ga Jalan Yach, pake windows aja, trus pake aplikasi yang namanya Antamedia Hotspot, caari di www.4shared.com, udah ada crack nya..udah di coba n OK punya, kita juga bisa buat login page sendiri..